Mengatasi Sayangnya Proses Gapps Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti. Prosess Gapps yang terhenti bisa jadi satu masalah atau kendala yang ditemui user android, biasanya tandanya saat penggunaan tasking aplikasi google muncul “Unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped”, “proses.com.google.process.gapps terhenti”, atau “force close”.

Otomatis jika kendala ini timbul, akibatnya kita akan keluar sendiri "force close" dari apikasi yang sedang dijalankan. Tentu saja aplikasi yang bisa terhenti atau error proses com.google.process.gapps ini terjadi pada aplikasi google. Contohnya, yang sering dipakai ialah Gmail, Google Maps, Youtube, Play Store, Chrome, dan yang lainnya. Mungkin kamu sedikit bingung dengan sumber penyebab yang menyebabkan error di Google Apps Hp Android Kamu?

Proses com.google.process.gapps Terhenti

Umumnya masalah error kesalahan atau kendala ini muncul di layar Hp Android secara random atau acak. Jadi sekailipun kamu sedang tidak mengerjakan apapun, bisa saja pop-up error ini tetap ada. Sebenarnya masalah sayangnya proses com.google. telah berhenti ini pada dasarnya dikarenakan ada kerusakan di didalam aplikasi layanan google, sehingga ikut berdampak pada google aplikasi yang lain. Cara untuk memperbaiki unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped ada beberapa cara berikut ini.

Cara Sederhana Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti


Sumber Error ini lebih bisa dikategikan sebagai permasalan software, bukan hardware seperti karena spec gadget smartphone. Dan bisa dikatakan kerusakan sistem Andoid, karena layanan google adalah aplikasi System. Jadi akan bisa muncul kesalahan ini di smartphone android merk apapun yang kamu miliki seperti ASUS, Oppo, LG, Xiaomi, Lenovo, Samsung Galaxy, Lenovo, Nexus, Smartfren Andromax, Sony Xperia, Advan dan yang lain-lain.

Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

1. Restart Smartphone atau Reboot.


Ada cara-cara yang mudah dilakukan untuk menguji kerusakan di Android, matikan perangkat android lalu lepaskan baterai, Sim Card dan kartu memori. Biarkan selama beberapa waktu, lalu pasang dan hidupkan. Jika belum berhasil berarti memang kerusakan ada pada layanan Google, bukan error sesaat dari perangkat.

2. Hapus Data Android System WebView.


Jika Android System WebView diperbarui, akibat nya kesalahan eror biasa terjadi, sebab mungkin tidak cocok dengan Sistem OS. Untuk membersihkan nya cukup tap Pengaturan » lalu Manajer Aplikasi » Cari Android System Webview. Tekan “Paksa Berhenti” lalu “Hapus Data”.

3. Hapus Data Layanan Google Play.


Inti dari Aplikasi Google dan error ini biasanya rusaknya file layanan aplikasi google play service. Bersihkan data aplikasi ini, lewat menu seting » Aplikasi Manajer » Pilih Layanan Google Play. Pilih “Paksa berhenti” dahulu, baru tap “Hapus Semua Data” dan “Kelola Ruang”.

Sayangnya Proses com.google.process.gapps Terhenti

4. Install Ulang Aplikasi Google Play Store.


Aplikasi Play store adalah salah satu apps google bawaan yang paling sering digunakan secara default. Juga paling sering mempunyai update versi. Pembaharuan ini terkadang justru menjadi sumber error yang dialami pengguna.

Cara memperbaiki process com.google.process.gapps has stopped bisa dengan uninstal update aplikasi ini ke versi bawaan. Cara buka menu Pengaturan » pergi ke Manajer Aplikasi » Tap Google Play Store, lalu tekan “Paksa Berhenti”, dan tombol "Hapus Instalan Pembaruan”.

5. Factory Reset.


Factory reset bisa dijadikan metode cara terakhir untuk mengatasi kesalahan error sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti ini. Dengan mengembalikan system Android ke versi awal akan menghilangkan kerusakan yang tidak diketahui sumber penyebabnya.

Initinya, saat error masalah atau problem kesalahan ini muncul, kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi Google apps seperti biasa. Jadi aplikasi penting seperti dari play store, gmail dll, akan sangat susah dipakai. Segeralah perbaiki masalah tersebut dengan mencoba langkah diatas, terima kasih
banyak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+